Sejarah STIH Awang Long

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Awang Long, Samarinda adalah satu-satunya sekolah tinggi ilmu hukum yang ada di kalimantan timur. Berdiri sejak tahun 2016 berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, nomor 199/KPT/I/2016 tanggal 01 Juni 2016.

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Awang Long, Samarinda dikelolah oleh Yayasan Amal Cita Cendikia (ACC) berdasarkan Akta Notaris Siti Aisyah, S.H.,M.Kn, nomor 03 tanggal 15 pebruari 2010.

Pendiri Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Awang Long, Dr. H. Husni Thamrin dan kawan-kawan, sengaja memakai nama Awang Long, karena Awang Long adalah panglima perang Raja Kutai, sebagai Pahlawan Daerah Kalimantan Timur yang memiliki jiwa Pemberani, Jujur dan Setia kepada Raja Kutai, di era Sultan Aji Muhammad Salehudin, pendiri Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Awang Long, Samarinda berharap kedepannya bahwa ada Lembaga Pendidikan Tinggi Hukum di Kalimatan Timur yang bisa melahirkan Sarjana Hukum yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal yaitu mempunyai jiwa Pemberani, Jujur dan Setia kepada Negara Republik Indonesia.

Saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Awang Long sedang membangun gedung baru untuk ruang perkuliahan, ruang dosen dan auditorium serta fasilitas penunjang lainnya. Pembangunan kampus baru di perkirakan akan selesai pada tahun 2020.